Senin, 12 Maret 2012

Ac Mobil Panas Karena Sistem AC Tersumbat

Ac mobil panas atau ac tidak dingin membuat tidak nyaman dan tidak aman saat berkendara terutama di saat musim hujan datang, karena kaca depan akan berembun dan menghalangi pandangan.

Begitu banyak hal yang menjadi penyebab ac mobil panas atau ac tidak dingin, silakan lihat di  sebab-sebab ac tidak dingin.

Sistem ac mobil tersumbat atau buntu, biasanya terjadi karena sistem ac yang sudah kotor karena keausan kompressor ac,sehingga kotoran ikut bersirkulasi dalam sistem ac mobil, bisa di lihat melalui sight glass akan terlihat hitam oleh kotoran.

Pada banyak masalah ac mobil panas yang di sebabkan karena sistem tersumbat,kotoran dari keausan kompressor ac akan terkumpul di dalam receiver drier dan terjadi saluran yang sempit dalam receiver drier, sehingga receiver drier berubah fungsi menjadi expansi valve. Atau mungkin kotoran akan lolos dari receiver drier dan menyumbat expansi valve.

Gejala sistem ac mobil tersumbat dan menyebabkan ac mobil panas
  1. Jika pengabutan freon terjadi di dalam receiver drier yang di sebabkan receiver drier tersumbat karena terlalu banyak kotoran, akan menyebabkan receiver drier terasa dingin saat ac mobil bekerja.
  2. Hal ini bisa di lihat juga pada receiver drier yang seharusnya kering akan terlihat mengeluarkan embun di dinding receiver drier,begitu pula pipa saluran tekanan tinggi ac mobil akan terbentuk embun dan terasa dingin kalau di sentuh dan terjadi di sepanjang pipa tekanan tinggi setelah receiver drier,sedangkan untuk ac mobil yang bekerja normal hanya pipa ac tekanan rendah akan terlihat berembun.
  3. Jika di lakukan pengukuran tekanan freon pada sisi tekanan tinggi setelah receiver drier tekanan menjadi lebih rendah dari tekanan normal saat ac mobil bekerja atau bahkan tekanan tidak berubah pada sisi tekanan tinggi setelah receiver drier saat ac mobil hidup.
  4. Kondensor ac akan lebih panas di bandingkan saat ac mobil bekerja dengan normal.

Untuk membedakan antara pipa tekanan tinggi dengan pipa ac tekanan rendah bisa di lihat dari bentuk fisik nya, kalau pipa ac tekanan rendah diameter atau ukuran pipa lebih besar dari pipa ac tekanan tinggi.

Efek yang di timbulkan akibat dari receiver drier terlalu banyak kotoran, secara keseluruhan akan membuat ac mobil panas atau ac tidak dingin atau ac kurang dingin.

Kalau receiver drier sudah pada tahapan tersumbat oleh keausan kompressor, biasanya di sertai kompressor bunyi ngorok atau kompressor ac berisik saat ac mobil hidup.

Tips jika sistem ac mobil tersumbat atau buntu

Tentu saja "jalan terbaik tetapi tidak harus" adalah dengan membongkar dan bersihkan semua komponen sistem ac mobil, bersihkan pipa-pipa,bersihkan evaporator dan expansi valve,bersihkan saluran dalam kondensor,serta ganti kompressor dan receiver drier.

Source : www.ac-elektrik.com

Tidak ada komentar: