Sabtu, 17 Maret 2012

Analisa Tidak Keluar Api Di Koil Motor

Sistem pengapian mesin motor pada prinsipnya adalah terbentuknya bunga api di busi untuk melakukan pembakaran campuran bahan bakar dengan udara di ruang mesin pada akhir langkah kompresi.

Analisa sederhana jika tidak terjadi pengapian atau tidak keluar api di busi motor adalah terdapat tiga bagian yang memegang peranan utama:
  1. Pulser berfungsi untuk membangkitkan pulsa atau sinyal untuk menentukan saat pengapian.
  2. CDI atau capasitif discarge ignition
  3. Bobin atau koil
Ketiga komponen di atas yang paling berperan jika tidak terjadi pengapian pada motor. Untuk pulser yang berupa lilitan kawat kecil biasanya jarang terjadi kerusakan,sedangkan yang sering di temui mengalami kerusakan adalah cdi dan koil.

Gejala jika CDI atau Koil Motor Rusak:
  1. CDI dan koil motor jika mengalami kerusakan,terdapat gejala awal atau gejala yang ditimbulkan diantaranya terkadang mesin motor mau hidup terkadang tidak mau hidup. Atau terkadang keluar api dari koil di busi terkadang tidak keluar bunga api.
  2. Keluar bunga api dari koil di busi tetapi bunga api yang di hasilkan terlalu lemah.
Silakan Lihat Video Cara kerja Mesin 4 Langkah dan
lihat juga
Busi Tidak Keluar Api karena Deposit Kerak

Artikel skema pengapian dengan transistor



Sumber video : Cara kerja Mesin 4 Langkah

3 komentar:

Irwan Garage mengatakan...

terima kasih atas infonya, menarik sekali :)

Unknown mengatakan...

Bagaimana cara mengukur pulser motor?

gavee mengatakan...

ara mengukur pulser motor, bisa menggunakan avometer, pilih pada pengukuran Ohm 1k, kalau pulser putus jarum avo tidak bergerak.