Kenapa Saat Berhenti Ac Dingin Saat Jalan AC Mobil Panas

Judul sedikit aneh dan mungkin kurang bisa di terima oleh analisa, kenapa? Karena pada kebanyakan permasalahan ac mobil adalah sebaliknya yaitu "saat berhenti ac panas saat mobil jalan ac dingin" yang disebabkan oleh keausan kompresor,silakan lihat Artikel Tentang Keausan Kompresor Ac..

Saat berhenti ac mobil panas tetapi saat jalan ac mobil dingin disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
  • Kondensor kotor sehingga pendinginan kondensor kurang saat mobil berhenti lihat posting prinsip kerja kondensor ac.
  • Kemampuan kompressor untuk memompa freon sudah tidak maksimal biasanya dibarengi bunyi kompressor kasar, sehingga hanya saat putaran mesin tinggi kompressor bisa bekerja dengan baik.
Kembali ke judul posting, ketika di beritahu keluhan ac, kenapa tidak dingin ? Pemilik menjelaskan setiap berhenti mobil sambil hidupkan ac, ac mobil dingin tetapi ketika dipakai jalan, hilang hawa dingin dari grill ac di dashboard. Harus matikan dulu ac mobil dan hidupkan lagi, setelah itu ac normal kembali.

Setelah mengikuti yang di beritahukan pemilik mobil, memang ternyata benar ac mobil saat dalam kondisi mobil diam ditempat ac dingin, tetapi saat di pakai jalan sehabis diam hilang hawa dingin dari grill ac.

Sambil perhatikan dengan seksama di bantu kemampuan analisa bisa diambil kesimpulan bahwa saat di pakai jalan sehabis berhenti on dan off kompressor terlalu cepat kurang dari 6 detik, lebih cepat daripada saat mobil kondisi berhenti. Masalahnya sudah jelas, thermistor cooler terlalu cepat memberi sinyal cut off kompressor ac.
Akhirnya apa yang dilakukan? setelah periksa semua sistem pendukung ac diperiksa bekerja dengan baik, termasuk jumlah freon cukup, kenapa jumlah freon ada hubungan nya ya dengan on/off kompressor?

Ya memang ada hubungan antara jumlah freon dengan kecepatan dari on/off kompressor, kompressor akan lebih cepat on /off kalau isi freon sekitar 80% dari kapasitas maksimal dalam satu mobil dan punya hubungan istimewa dengan thermistor cooler atau peraba suhu di evaporator, mungkin yang ini akan di bahas di posting terpisah.

Setelah diketahui  masalahnya sudah jelas yaitu thermistor cooler terlalu cepat memberi sinyal cut off ke kompressor ac, lihat posting modifikasi thermistor cooler ac mobil dan akhirnya di lakukan cara yang sama, tetapi dengan ukuran atau nilai resistor yang berbeda dan hasilnya ac mobil normal kembali.
Perlu di ingat siapa yang melakukan pengukuran dengan kesadaran penuh dan pengetahuan akan terhindar dari kecelakaan.

Demikian posting seperti uraian cerita ini semoga bisa di ambil manfaat nya.

Source artikel: www.ac-elektrik.com

2 komentar:

rental dehumidifier mengatakan...

saalam,

oh ternyata ada masalah dengan kondensor juga pada konpressor tersebut.

ok, thanks ats infonya, sukses yaa.

Sparepart AC Jual Sparepart AC di SparepartAC.co.id & JualSparepartAC.com mengatakan...

Saya baru tau mengenai masalh
ac tidak dingin ini sudah saya share di fb pak sekalian memberitaukan ke teman2 otomotif lainnya