Klakson Tidak Bunyi Saat Belok

Berada di belakang kemudi mobil, ketika berada di belokan atau tikungan, kebiasaan apa yang sering di lakukan. Yang jelas adalah menurunkan kecepatan untuk mengantisipasi kendaraan dari arah berlawanan dan sesekali bunyikan klakson untuk memberitahukan keberadaan mobil kita.

Bagaimana jika saat belok tersebut klakson kadang bunyi kadang tidak? Sesuai judul tulisan berikut saya paparkan penyebab dan mengatasi klakson kadang tidak bunyi saat mobil belok.
Gambar di atas untuk mobil yang menggunakan horn pad di kemudi, biasanya kontak sentuh (lihat tanda panah diatas) kotor, tidak rata atau kasar. Selain menyebabkan klakson tidak bunyi juga menimbulkan bunyi yang tidak nyaman saat belok. Hal di atas bisa di atasi dengan dihaluskan permukaan dengan amplas, sebelum di pasang kembali, berikan sedikit pelumasan atau grease ( gemuk ).

Jika hal di atas belum mengatasi masalah, silakan lihat gambar di bawah. Di dalam steering column terdapat bearing yang sekaligus bearing ini berfungsi untuk menghubungkan shaft steer dengan ground atau masa.
Biasanya masalah bisa di atasi dengan memberikan cairan anti karat ke dalam bearing karena terjadi karat di dalam bearing yang membuat arus listrik tidak bisa melewatinya.

Langkah terakhir jika dengan memberikan anti karat ke dalam bearing tidak juga menyelesaikan masalah adalah dengan mengganti bearing steer.
Beberapa hal lain yang menjadi penyebab klakson mobil tidak hidup:
1.Klason yang rusak dengan ciri saat di tekan horn pad di stir hanya terdengar suara relay tetapi klakson tidak bunyi.
2.Kontak Relay klakson rusak atau patah dengan ciri sama seperti point satu di atas yaitu saat tombol klakson di tekan hanya terdengar suara dari relay.
3.Sekring Horn atau sekring klakson putus, biasanya dengan ciri tidak terdengar bunyi dari relay saat saklar klakson atau horn pad di tekan.
Lihat juga artikel
Rangkaian klakson dan sebab klakson tidak bunyi 

0 komentar: