Cara Menyetel Ket Out Pengisian Aki Mobil

Pengisian aki mobil yang masih menggunakan regulator external yang kita kenal ket out bisa di lakukan penyetelan terhadap tegangan yang di hasilkan Alternator untuk mengisi atau charging aki mobil.

Perbaiki Pengisian aki dengan cut out atau ket out dan didalam regulator eksternal tersebut terdapat  dua relay yang masing-masing berfungsi untuk:
  1. Relay Lampu Charging - Untuk mematikan lampu charging atau mematikan lampu pengisian aki di dashboard mobil saat mesin hidup.
  2. Relay Regulator - Untuk menyetel atau untuk mengatur tegangan pengisian yang di keluarkan Alternator untuk mengisi Aki Mobil.
Cara menyetel regulator external untuk perbaiki tegangan pengisian aki mobil ini cukup mudah, peralatan yang perlu di sediakan adalah avo meter - untuk mengukur tegangan, obeng - untuk membuka tutup ket out dan tang untuk menarik plat di atas relay regulator.

Cara membedakan mana relay untuk mematikan lampu pengisian aki dan relay regulator silakan lihat regulator external pengisian aki mobil berikut.

Regulator pengisian aki mobil

Untuk membedakan nya saat kunci kontak mobil OFF, relay yang kontak point nya terhubung dengan Ground  atau Negatif adalah relay Lampu charging, sedang relay satunya adalah relay regulator,cukup mudah khan.

Seperti terlihat gambar di bawah ini, jika kontak point terhubung langsung dengan ground Saat kunci kontak Mobil OFF artinya relay di sebelahnya adalah relay Lampu Chg atau lampu pengisian aki di dashboard.

Kontak point ket out untuk lampu aki

Atau untuk menentukan relay regulator bisa juga dengan hidupkan mesin mobil, sambil di naikan putaran mesin - dan relay regulator akan terlihat bergerak-gerak mengikuti irama putaran mesin.

Sekarang tiba saat nya menyetel kontak point relay regulator untuk membatasi tegangan pengisian ke aki mobil dengan cara membengkok-kan plat di atas relay regulator ke arah keluar dan tentu saja sambil di lihat tegangan out put menggunakan avometer atau volt meter saat mesin putaran tinggi.

Cara Penyetelan tegangan pengisian alternator ke accu dengan ket out

Untuk aki mobil 12 volt, atur tegangan out put alternator berkisar 13,5 sampai 14 volt pada putaran mesin di atas 2000 rpm. Semakin ke atas plat relay di bengkokkan akan membuat tegangan pengisian alternator ke aki semakin tinggi.

Di sini saya mengingatkan siapa yang melakukan pengukuran dan pekerjaan dengan sadar akan terhindar dari kecelakaan.

Silakan lihat juga
cara kerja regulator external pengisian aki mobil.

0 komentar: