Tips AC Mobil Avanza Terasa Tidak Dingin Saat Berhenti

Beberapa hari yang lalu ketika melihat Contac Form di Otomotif Qita, salah seorang pengunjung menanyakan kalau Ac mobil Avanza nya teras tidak dingin ketika mobil sedang berhenti dan terasa dingin ketika mobil jalan. Dan saat ac hidup ac nyala terus atau tidak mau on off.

Untuk masalah ac seperti di atas bisa dilihat dengan jelas masalahnya ada di ac yang tidak mau on off. Ac yang tidak mau on off kompresor ac nya disebabkan karena sensor temperatur evaporator tidak mendeteksi udara dingin yang terdapat di evaporator. Dan hal ini biasanya disebabkan karena  freon yang ada di sistem ac berkurang atau terjadi kebocoran.

Jadi hal pertama yang perlu diperiksa adalah tekanan freon atau jumlah freon, untuk mobil avanza untuk melihat apakah jumlah freon cukup atau tidak, bisa melalui sight glass yang terdapat pada saluran pipa ac tekanan tinggi yang berada di chasis sebelah kanan, tepatnya di bawah tabung cadangan air radiator. Disana terdapat pipa ac tekanan tinggi di samping soket pressure switch terdapat gelas kaca untuk melihat kondisi jumlah freon. Contoh Gambar Sight glass dan pressure switch bisa lihat DISINI.

Kalau freon ac kurang pada sight glass tersebut akan terlihat cairan freon yang berwarna putih dengan jelas baik saat putaran mesin idle atau pun di gas. Kalau memang freon yang terlihat putih susu dari sight glass berarti memang freon yang berkurang.

Tetapi jika freon pada sight glass tidak didominasi warna putih saat ac dihidupkan terdapat kemungkinan ada penyebab lain yang menyebabkan ac tidak dingin.

Hal kedua perlu untuk periksa hembusan angin blower, jika angin pada grill ac terasa kurang kencang atau terdengar suara menderu dari dashboard ketika blower disetel pada putaran maksimal, yang terjadi adalah evaporator sudah kotor dan angin dingin tidak bisa melewati sensor temperatur evap yang terletak di samping evap. Ini tidak berlaku untuk sensor temperatur ac yang tertanam pada evaporator karena akan terjadi hal sebaliknya, yaitu justru ac mobil akan lebih cepat on off karena evaporator lebih cepat membeku.


Dan hal ketiga yang bisa diperiksa adalah apakah saat ac hidup terdengar suara ngorok dari kompressor atau tidak, jika terdengar suara ngorok terlalu keras saat ac mobil hidup, kemungkinan yang terjadi adalah ada dua hal untuk tipe kompressor yang di gunakan oleh Avanza. Pertama memang kompressor sudah aus dan waktunya di ganti dan kedua adalah kompressor tipe seperti yang dipakai Avanza, juga akan terdengar suara ngorok jika freon kurang atau jumlah freon sekitar 75 persen.

Karena itu untuk memastikan penyebab kompressor ngorok  apakah freon kurang atau memang kompressor ngorok karena aus, bisa dengan melihat sight glass. Jika kompressor bunyi dan sight glass terlihat putih freon terdapat kemungkinan terjadi kebocoran, kebocoran ini banyak penyebabnya dari seal-seal pipa ac atau pun freon keluar karena beerjanya relief Valve.

Akan tetapi jika kompressor bunyi ngorok tetapi dari sight glass tidak terlihat warna putih yang dominan berarti memang kompressor sudah aus dan waktunya untuk diganti, ini juga berlaku untuk kompressor ac mobil lain selain mobil avanza.

Jika kompressor terdengar bunyi ngorok keras biasanya akan disertai ac tidak dingin saat putaran mesin rendah, dan terasa dingin ketika mesin di gas.

Dari ketiga point utama diatas mana kira-kira yang menjadi penyebab utamanya, semoga bisa membantu dan mengetahui masalah ac mobil avanza yang sedang di hadapi.

2 komentar:

Mobil Jakarta mengatakan...

Terima kasih untuk infonya. Ini yang sedang sy cari.

Otomotrip mengatakan...

Penyebab ac tidak dingin