Jumat, 26 Oktober 2012

Kumpulan Artikel Tentang Sistem Pengisian Mobil

Sistem Pengisian mobil merupakan sistem untuk mengisi aki mobil saat mobil hidup sehingga ketika mesin mobil mati tersimpan arus listrik di dalam aki untuk saat start mobil kembali. Komponen yang berfungsi utama dalam sistem pengisian aki mobil adalah Alternator. Jadi Fungsi Alternator adalah untuk mengisi aki saat mesin hidup dan mensuplai listrik untuk peralatan listrik mobil.

Gambaran mudah tentang cara kerja alternator pada sistem pengisian aki mobil adalah ketika kunci kontak ON terbentuk medan magnet di Alternator dan ketika mesin berputar medan magnet di alternator ini berputar untuk menghasilkan tegangan pada out put Alternator,dinamo Amper atau Dinamo Isi.

Mohon maaf,beberapa link artikel tentang sistem pengisian dibawah belum diupdate jadi Anda akan menemukan broken link, karena itu silakan kunjungi Kumpulan Artikel Tentang Kelistrikan Pengisian  Mobil.

Alternator Pada Sistem Pengisian Mobil
Alternator Pada Sistem Pengisian Mobil
Berikut adalah beberapa artikel tentang sistem pengisian mobil dan masalah yang mungkin terjadi:
1. Fungsi Indikator Pada Sistem Pengisian Mobil
Indikator pengisian Aki untuk memantau apakah dinamo Isi mengisi setrum Aki saat mesin Hidup atau Tidak,  baca selengkapnya...

2. Masalah Tentang Aki Mobil Soak atau Drop
Aki mobil soak bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan tentu saja ada beberpa cara untuk mendeteksi serta mengatasi aki mobil soak atau tekor atau drop ini. Baca selengkapnya...

3.Cara Mudah Cek Sistem Pengisian Mobil
Cara periksa sistem pengisian aki mobil yang bisa di lakukan oleh semua orang dan penyebab sistem pengisian tidak bekerja. Baca selengkapnya...

4.Diagram Kelistrikan sistem Pengisian Mobil
Diagram kelistrikan pengisian mobil merupakan skema rangkaian sistem pengisian pada beberapa merek mobil. Baca selengkapnya..

5.Cara Mudah Cek Kerja Dinamo Amper atau Dinamo Isi
Dinamo amper atau Alternator merupakan suplai utama sistem kelistrikan mobil termasuk sistem pengisian mobil, Cara mudah bisa di lakukan untuk cek kerja dinamo Amper ini. Baca Selengkapnya.

6.Indikator Aki atau Sistem Pengisian Nyala Terus 

7.Saat Mobil Diam Setrum Aki Habis

8.Membuat charger Aki sederhana untuk aki

9.Tips Atasi Alternator Kelebihan Tegangan Pengisian

10.Tips Agar Alternator Tidak Bikin Problem

Sabtu, 13 Oktober 2012

Tips AC Mobil Avanza Terasa Tidak Dingin Saat Berhenti

Beberapa hari yang lalu ketika melihat Contac Form di Otomotif Qita, salah seorang pengunjung menanyakan kalau Ac mobil Avanza nya teras tidak dingin ketika mobil sedang berhenti dan terasa dingin ketika mobil jalan. Dan saat ac hidup ac nyala terus atau tidak mau on off.

Untuk masalah ac seperti di atas bisa dilihat dengan jelas masalahnya ada di ac yang tidak mau on off. Ac yang tidak mau on off kompresor ac nya disebabkan karena sensor temperatur evaporator tidak mendeteksi udara dingin yang terdapat di evaporator. Dan hal ini biasanya disebabkan karena  freon yang ada di sistem ac berkurang atau terjadi kebocoran.

Jadi hal pertama yang perlu diperiksa adalah tekanan freon atau jumlah freon, untuk mobil avanza untuk melihat apakah jumlah freon cukup atau tidak, bisa melalui sight glass yang terdapat pada saluran pipa ac tekanan tinggi yang berada di chasis sebelah kanan, tepatnya di bawah tabung cadangan air radiator. Disana terdapat pipa ac tekanan tinggi di samping soket pressure switch terdapat gelas kaca untuk melihat kondisi jumlah freon. Contoh Gambar Sight glass dan pressure switch bisa lihat DISINI.

Kalau freon ac kurang pada sight glass tersebut akan terlihat cairan freon yang berwarna putih dengan jelas baik saat putaran mesin idle atau pun di gas. Kalau memang freon yang terlihat putih susu dari sight glass berarti memang freon yang berkurang.

Tetapi jika freon pada sight glass tidak didominasi warna putih saat ac dihidupkan terdapat kemungkinan ada penyebab lain yang menyebabkan ac tidak dingin.

Hal kedua perlu untuk periksa hembusan angin blower, jika angin pada grill ac terasa kurang kencang atau terdengar suara menderu dari dashboard ketika blower disetel pada putaran maksimal, yang terjadi adalah evaporator sudah kotor dan angin dingin tidak bisa melewati sensor temperatur evap yang terletak di samping evap. Ini tidak berlaku untuk sensor temperatur ac yang tertanam pada evaporator karena akan terjadi hal sebaliknya, yaitu justru ac mobil akan lebih cepat on off karena evaporator lebih cepat membeku.


Dan hal ketiga yang bisa diperiksa adalah apakah saat ac hidup terdengar suara ngorok dari kompressor atau tidak, jika terdengar suara ngorok terlalu keras saat ac mobil hidup, kemungkinan yang terjadi adalah ada dua hal untuk tipe kompressor yang di gunakan oleh Avanza. Pertama memang kompressor sudah aus dan waktunya di ganti dan kedua adalah kompressor tipe seperti yang dipakai Avanza, juga akan terdengar suara ngorok jika freon kurang atau jumlah freon sekitar 75 persen.

Karena itu untuk memastikan penyebab kompressor ngorok  apakah freon kurang atau memang kompressor ngorok karena aus, bisa dengan melihat sight glass. Jika kompressor bunyi dan sight glass terlihat putih freon terdapat kemungkinan terjadi kebocoran, kebocoran ini banyak penyebabnya dari seal-seal pipa ac atau pun freon keluar karena beerjanya relief Valve.

Akan tetapi jika kompressor bunyi ngorok tetapi dari sight glass tidak terlihat warna putih yang dominan berarti memang kompressor sudah aus dan waktunya untuk diganti, ini juga berlaku untuk kompressor ac mobil lain selain mobil avanza.

Jika kompressor terdengar bunyi ngorok keras biasanya akan disertai ac tidak dingin saat putaran mesin rendah, dan terasa dingin ketika mesin di gas.

Dari ketiga point utama diatas mana kira-kira yang menjadi penyebab utamanya, semoga bisa membantu dan mengetahui masalah ac mobil avanza yang sedang di hadapi.