Kopling Berat dan Keras - Info Mobil

http://www.infomobil.biz/kopling-mobil-berat-dan-keras-saat-injak-pedal-kopling/ dan Langsung ke point saja tentang sebab atau penyebab pedal kopling berat atau kopling terasa keras saat injak pedal kopling.

Kopling mobil terasa berat atau keras saat injak pedal kopling secara umum disebabkan oleh dua hal yaitu:
1. Plat kopling atau kampas kopling mulai tipis
2. Greasing pada release bearing yang mengering serta serbuk keausan plat kopling dan keausan per matahari yang menempel pada dudukan luncur release bearing.

Analisa atau Diagnosa Kopling Mobil Terasa Berat
1.Ketika plat kopling sudah mulai tipis atau menipis karena terjadi keausan,maka bentuk dari diagfragma spring atau pegas matahari akan mengembung keluar.

Ketika matahari kopling (baca: diagfragma kopling) mengembung keluar, tenaga yang diperlukan untuk mendorong diagfragma ini juga lebih besar sehingga saat diinjak pedal kopling akan terasa berat.

2.Ketika greasing pada dudukan release bearing mengeras dan di tambah serbuk keausan plat kopling yang menempel pada bantalan luncur rease bearing akan menghambat pergerakan release bearing sehingga pedal kopling terasa berat dan keras sudah dimulai ketika baru menginjak pedal kopling.

Cara Mengatasi Kopling Mobil Berat
Terkait dua masalah umum pada kopling mobil yang terasa berat. Penanganan untuk mengatasi kopling berat pun terdapat dua macam, yaitu:

1. Untuk Plat Kopling Yang Sudah Tipis
Plat kopling yang sudah tipis memang harus diganti dan lebih baik sekaligus mengganti cover clutch beserta release bearing (lihat Gejala Plat Kopling Tipis). Dengan tujuan agar tidak turun naik kopling dalam kurun waktu cepat. Ini contoh saja ketika kopling sudah slip, plat kopling di ganti tetapi release bearing dan cover clutch tidak diganti, tidak lama kemudian release bearing rusak, maka mobil harus turun kopling lagi.

Kalau bisa dan ini juga lebih baik lagi jika saat turun kopling sekaligus mengganti seal crankshaft belakang. Tujuan nya juga sama agar mobil tidak turun kopling lagi ketika terdapat oli rembes dari seal crankshaft belakang. Karena untuk ganti seal crankshaft belakang, mobil memang harus turun kopling,mengingat letak seal as mesin(crank shaft) ini berada di balik roda gila. Lihat Turun Mesin Karena Bocor Oli seal Kruk As.

2.Mengatasi Kopling Berat Penyebab Pada Release Bearing
Mobil yang terhitung masih baru pun tidak luput dari kopling berat yang disebabkan oleh grease yang mengeras dari bantalan luncur release bearing ini.

Apalagi jika kita sering menaruh kaki di pedal kopling akan mempercepat keausan dari matahari kopling dan serbuk besi dari keausan matahari ini akan ikut menempel pada bantalan release bearing.

Jika hal ini terjadi bisa saja mengatasinya dengan cara menyemprotkan anti karat mobil secukupnya pada bantalan luncur tanpa turun kopling melalui karet boot pada fork kopling sambil minta bantuan orang lain untuk menekan-nekan pedal kopling. Agar kotoran yang menghambat pergerakan release bearing bisa hilang. Kopling yang terasa berat akan ringan kembali.

Perkiraan harga komponen sistem kopling untuk penggantian spare part saat turun kopling adalah sebagai berikut:
1.Untuk harga plat kopling mobil berada di kisaran 270 hingga 400 ribu rupiah
2.Harga Cover clutch atau matahari kopling berkisar 300 hingga 500 ribu rupiah
3.Harga release bearing mulai 90 ribu hingga 150 ribu rupiah
4.Harga Seal Crankshaft belakang mulai 100 ribu hingga 190 ribu.

Catatan: harga di atas hanyalah perkiraan untuk mobil ukuran kecil dan sedang dan untuk membantu persiapan budget untuk turun kopling belum termasuk biaya turun koplingnya. Jadi bisa di kalkulasikan perkiraan biaya turun kopling dari daftar harga di atas. Ada juga satu set kampas kopling,cover clutch dan release bearing tidak lebih dari 800 ribu. Banyak faktor yang jadi penyebab beda harga tersebut.

Demikian tentang penyebab yang umum terjadi pada mobil masalah seputar pedal kopling berat atau kopling keras.

Untuk gambar artikel kopling berat di atas silakan berkunjung KESINI.

0 komentar: